Ombudsman RI Perwakilan Sumut Temukan Beberapa Penyelenggaraan Pelayanan Belum Maksimal di RSUD Tarutung

Loading

Tarutung – Bnews.id: Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara melalui Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera beserta Tim melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan public di RSUD Tarutung pada tanggal 23 November 2023.

Pengawasan ini dilakukan sebagai implementasi salah satu tugas Ombudsman RI berdasarkan UU No. 37/2008 untuk melakukan pencegahan terjadinya maladministrasi pelayanan public di RSUD Tarutung.

“ Pelaksanaan pengawasan yang dilakukan di RSUD Sidikalang dengan memantau penyelenggaraan pelayanan di loket pendaftaran, IGD, Ruang PONEK, Poli Obgyn, ruang operasi dan loket pengaduan RSUD Tarutung,” ungkap Plt. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, James Marihot Pangabean.

Hasil pelaksanaan pengawasan yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, menemukan beberapa sarana pelayanan yang belum berjalan.

“Kita menemukan sistem antrian online yang lebih difokuskan pada pengguna layanan yang telah memiliki rekam medik sebelumnya, artinya bahwa bagi pengguna layanan yang baru pertama kali menggunakan layanan RSUD Tarutung belum dapat menggunakan aplikasi antrian online tersebut. Selain itu, fasilitas layanan di ruang IGD yang belum berfungsi dengan baik seperti AC yang tidak dingin dan beberapa alat kesehatan yang telah melewati batas waktu kalibrasi yang sebenarnya hal inimenjadi perhatian utama RSUD Tarutung,”katanya.

Terkait pengelolaan pengaduan yang ditemukan pada Standar Operasional Prosedur yang belum baik dan khususnya dalam pelaksanaan pengelolaan pengaduan.

“ Pada prinsipnya terdapat beberapa temuan yang nantinya akan dikaji lebih dalam dengan memperhatikan pada regulasi terkait dan bukti dokumen pendukung yang didapatkan dari RSUD Tarutung,” ,” sebut James.

Pada pelaksanaan pengawasan ini, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara diterima langsung oleh Direktur RSUD Tarutung, dr. Janri Nababan, Wakil Direktur Keuangan dan Umum, Wakil Direktur Pelayanan Kesehatan, Ketua Komite Medik dan pegawai RSUD Tarutung.

Direktur RSUD Tarutung menyambut baik atas kunjungan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dalam memberikan masukan untuk perbaikan pelayanan RSUD Tarutung. (mrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Isu Ketahanan Energi Listrik Nasional Terabaikan 3 (tiga) Capres
Next post DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kec.Namurambe Gelar Kegiatan Keagaman di Sekretariat