September 17, 2021

Berita Online

Terkini mengabarkan

Ikan Dan Filosofinya

1 min read

Sahabat Ku..

Saya ingin berbagi tentang Ikan dan Filosofinya.

Ikan tak pernah tidur. Ikan selalu bergerak tak pernah berhenti.
Filosofinya adalah, jika Ikan tak pernah tidur dan selalu bergerak, maka Sang Pencipta nya jauh lebih Maha Hebat dari Ikan yg diciptakan – NYA.

Ikan butuh air. Jika tak ada air, maka bisa dipastikan Ikan akan mati. Sebab air bukan saja menjadi penyejuk, tapi air adalah ruang sumber kehidupan Ikan.

Filosofinya adalah jika hidup butuh penyejuk, maka alirilah sifat air di dalam diri kita. Salah satu cara mengaliri sifat air dalam diri adalah Ibadah dan Zikir. Sebab Zikir adalah penyejuk diri, “dingin bagaikan air”.

Jika Ibadah dan Zikir tak ada dalam hidup kita, maka tentulah jiwa/ruhaniah kita akan mati. Bagaikan Ikan hidup tanpa air tadi.

Duhai Sahabat Ku..
Meskipun Ikan hidup di air tawar, atau hidup di air Asin. Daging Ikan tidak akan tawar, atau dimakan tidak akan asin.

Ikan menjadi tawar, atau menjadi asin tergantung ramuan yg kita lakukan tatkala menjadikannya hidangan makanan.

Filosofinya adalah, jadilah diri sendiri tanpa harus terpengaruh lingkungan sekitarnya. Maksudnya yaitu tetap jadikan hidup kita yg berkualitas dan bernilai. Tanpa harus terkontaminasi oleh lingkungan yg buruk.

Andaikan sekitar kita buruk, maka kita tak perlu menjadi buruk. Semuanya akan terjadi sesuai ramuan kehidupan yg kita lakukan sendiri. Persis bagaikan Ikan yg telah diramu menjadi hidangan makanan.

By Bung Inas
Salam Persahabatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *