November 26, 2020

Berita Online

Terkini mengabarkan

Arhanud 11/WBY Gelar Operasi Kedisiplinan Prokes

2 min read

Binjai –

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Batalyon Arhanud 11/WBY, menggelar Operasi kedisiplinan Protokol Kesehatan.

Kegiatan yang diikuti oleh 250 Prajurit TNI Yon Arhanud 11/WBY, serta dimulai dari Mayon, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur, Jumat (21/11), dilanjutkan dengan Briefing teknis Operasi yang di Pusatkan di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kota Binjai, yang beralamat di Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

Di Posko Penanganan Covid-19 Kota Binjai, Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY, Mayor (Arh) Rendra FS, langsung memimpin apel gelar Pasukan Operasi Covid-19, yang diikuti oleh ratusan Prajurit TNI AD dari Yon Arhanud, Sundenpom l/5-2 Binjai, Kodim 0203/Langkat, Satpol PP Kota Binjai, BPBD Kota Binjai, Polres Binjai, serta Dinas Perhubungan Kota Binjai.

Menurut Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY, Mayor (Arh) Rendra FS, Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan mulai awal Semester ll hingga saat ini.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mabes TNI, dan dilaksanakan oleh Jajaran TNI di seluruh Indonesia. Saat ini adalah kita, dari Yon Arhanud 11/WBY. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pemerintah dan unsur masyarakat dalam menurunkan angka Covid-19,” tegasnya.

Seperti kita ketahui, lanjut Mayor (Arh) Rendra FS, angka yang terkena Covid-19 di Indonesia terhitung sangat tinggi. Untuk itu, sebagai salah satu satuan TNI, Yon Arhanud 11/WBY, melaksanakan perintah untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Sebenarnya pokok sasarannya bukan menurunkan, namun mengubah prilaku masyarakat, sehingga Covid-19 dapat kita cegah. Konsep operasinya kita gelar anggota di semua titik. Sedangkan untuk satuan kami mendapat 2 titik yang kita lakukan, yaitu di daerah Binjai dan sekitarnya dan satu lagi di daerah Medan. Karena kebetulan pangkalan kami terletak di tiga lokasi yang berada di dua wilayah tersebut,” urai Mayor (Arh) Rendra.

Lebih lanjut dikatakan Perwira TNI AD ini, dalam kegiatan ini, pihaknya menurunkan 250 Personilnya. Jumlah tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu 150 Personil di Kota Binjai dan 100 Personil lagi di Kota Medan.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, namun untuk hari ini, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak, yaitu berangkat dari Asrama sesuai jadwal masing masing dan berkordinasi dengan aparat Pemerintah terkait. Hari ini kita menyimpulkan secara bersama sama sehingga kita dapat bergerak secara masif dan terkordinir dengan aparat yang lain,” ungkap Mayor (Arh) Rendra FS, saat dikonfirmasi awak media usai memimpin apel gelar pasukan kesiapan Operasi Covid-19.

Sebagai Komandan Yon Arhanud 11/WBY, Mayor (Arh) Rendra FS juga menghimbau kepada maayarakat, agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Sebab menurutnya, upaya Pemerintah sudah maksimal untuk mendukung masyarakat supaya tidak terjangkit Virus Corona.

“Kepada masyarakat, agar selalu mentaati atau menerapkan Protokol Kesehatan yang telah digaungkan oleh Pemerintah, sehingga upaya Pemerintah didukung oleh masyarakat. Ini merupakan masalah kita bersama dan mensukseskan program Pemerintah demi kita semua,” ujarnya.

Pantauan awak media, di Posko Satgas Covid-19 Yon Arhanud 11/WBY, Puluhan masyarakat juga antusias mengikuti kegiatan Rapid Test serta Swab Test secara gratis yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Di dalam Posko tersebut, juga dilengkapi dengan tata cara mengikuti Protokol Kesehatan, seperti Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai Masker. (Dera)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *