Berita Online

Terkini mengabarkan

Musda MATAKIN Kota Medan Berjalan Sukses

2 min read

Medan – Bnews.id :Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Sumut gelar Musyawarah Daerah (Musda) di Jl. Krakatau No. 107 CD Medan, 1 Mei 2021. Musyawarah Daerah (Musda) tersebut dilaksanakan untuk pemilihan Kandidat Ketua MATAKIN Kota Medan.

Sebelum acara Musda dimulai, para pengurus Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) terlbeih dahulu melaksanakan Ritual Sembahyang Pada Tien Tuhan Yang Maha ESA,dan Nabi Suci KhongCe dan para Sen Ming. Hal ini dilakukan supaya kegitan Musda berjalan lancar dan mencapai hasil maximal, baik dan benar.

Hadir dalam kegiatan yakni Ketua MATAKIN Sumut, Muslim Lingouw dan para Ketua dan Pengurus MAKIN Medan Area, Medan Permai, Medan Uatara, Medan Timur, Maimun, Medan Perjuangan dan awak media.

Hasil Musda yang didapat, Pimpinan sidang yang diketuai oleh Js. Suardi menetapkan 2 kandidat Ketua MATAKIN Kota Medan. Adapun 2 kandidat yang terpilih Js. Alwin (MAKIN medan Timur) dan Dq. Antony (MAKIN Medan utara).

Sebagai kandidat ketua MATAKIN Kota Medan terpilih, Alwin mengungkapkan jika terpilih nanti, beliau akan mengembangkan Agama Konghucu (RuJiau) kepada warga Medan secara luas. “Di Kota Medan ini masih sedikit yang mendalami bedanya agama budha dan konghucu. Jadi nanti kita akan lakukan penyuluhan tentang agama konghucu”, ungkapnya.

Dalam Visi Misinya sebagai calon Ketua MATAKIN Kota Medan, Alwin juga merencanakan untuk pendirian tempat belajar dan ibadah umat beragama Konghucu yaitu Li Thang dan Khong Miau. “Sampai saat ini tempat ibadah agama konghucu di Kota Medan belum ada”, tegasnya.

Sebagai ketua MAKIN Medan Timur, jika terpilih menjadi ketua MATAKIN Kota Medan, Js. Alwin akan mendirikan sebuah sekolah berbasis agama konghucu (Kong Ce Xue Yen). ” Agama Konghucu dapat berkembang dari mulai SDM dan pendidikannya”, imbuhnya.

Ketua MATAKIN Sumut, Muslim Lingouw (kiri) secara simbolis menyerahkan bender petaka kepada Kandidat terpilih Ketua MATaKIN Kota Medan, Js. Alwin (Kanan). Foto: dodi kurniawan

Sebagai pimpinan sidang pemilihan Kandidat Ketua MATAKIN Kota Medan Js. Suardi menjelaskan hasil Musda akan diteruskan ke pengurus MATAKIN Pusat. “Kita akan mengajukan dokumen dari hasil musda hari ini ke jakarta”, jelasnya.

Dari hasil pengajuan kandidat Ketua tersebut, MATAKIN Pusat akan memutuskan Ketua MATAKIN Medan dalam 1 pekan kedepan berdasarkan penilaian dan rekomendasi dari MATAKIN Sumut.

Ketua MATAKIN Sumut, Muslim Lingouw Berharap kepada ketua terpilih nanti bisa menjalankan amanah tugasnya dengan baik dan benar “. Keputusan tetap di MATAKIN Pusat akan mengeluarkan Surat keputusan (SK)” Sesuai AD/ART”, cetusnya. (dodi kurniawan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *