January 23, 2021

Berita Online

Terkini mengabarkan

Maradona, Tangan Tuhan Kembali ke Tuhan

2 min read

Argentina –

Dunia sepak bola tertegun atas kabar duka wafatnya Diego Maradona. Diketahui sosok berjulukan El Pibe de Oro alias Si Anak Emas itu meninggal pada, Rabu, (25/11/2020) di usia 60 tahun.

Sederet prestasi membanggakan di level klub maupun internasional berhasil di torehkan. Dia juga pernah membawa Napoli meraih dua gelar Liga Italia, satu Coppa Italia, dan satu Liga Europa selama rentang waktu 1984-1991.

Kepergian Maradona menjadi pukulan untuk negara Argentina. Sebab Maradona sempat berhasil mengantarkan Albiceleste meraih trofi Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Selain itu, yang paling kotroversial saat Maradona mencetak gol ke gawang inggris di perempatfinal Piala Dunia Meksiko. Tepatnya 22 Juni 1986.

Ceritanya, paruh pertama pertandingan yang digelar di Stadion Azteca di Mexico City berakhir imbang tanpa gol. Maradona kemudian tampil bak dewa yang turun dari kahyangan memberi sabda pada dunia untuk dikenang hingga hari ini.

Pada menit ke-51, Maradona coba melakukan penetrasi dari sisi kiri. Dia lalu mengirim umpan ke arah Jorge Valdano dan kemudian bergerak maju memasuki kotak penalti.

Valdano gagal mendapat bola karena Steve Hodge sukses memotong aliran bola itu. Namun, upaya Hodge membuang bola justru malah membuat bola mengarah ke mulut gawang.

Maradona ada di tempat yang tepat. Namun, Peter Shilton yang berpostur hampir 20 cm lebih tinggi dari Maradona tentu punya keunggulan, termasuk menggunakan tangannya.

Namun, dalam momen yang cepat itu, Maradona sukses mengantar bola masuk ke dalam gawang. Maradona langsung bersorak dan berlari ke pinggir lapangan, diikuti rekan-rekannya yang lain.

Para pemain Inggris langsung berlarian memprotes keras gol tersebut, namun wasit Ali Bin Naser dari Tunisia berkeras terhadap keputusannya mengesahkan gol Maradona.

“Sebagian karena kepala Maradona dan sisanya dibantu tangan Tuhan,” kata Maradona mengomentari golnya itu.

Setelah gol kontroversial itu, hanya berselang 4 menit kemudian, Maradona kembali mencetak gol.

Namun kini, Diego Maradona telah tiada, Legenda sepak bola asal argentina itu meninggalkan kenangan dan prestasi yang cukup membekas di Dunia si kulit bundar.(Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *