![]()
Jakarta (11/11) – PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang merupakan anak Perusahaan PT
Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengelola Tenaga Alih Daya salahsatunya Contact Center
KAI 121. Kali ini KAI Wisata berkesempatan mendampingi dan mendukung kegiatan Contact
Center pada ajang bergengsi di Yunani pada tanggal 27–31 Oktober 2025. Kegiatan ini tidak
hanya menjadi ajang kompetisi bergengsi di bidang contact center dan customer experience,
tetapi juga menjadi kesempatan strategis bagi KAI Wisata untuk memperluas jejaring dan
mengeksplorasi potensi pengembangan railway tourism Indonesia di pasar Eropa.
Selain melakukan pendampingan terhadap peserta lomba, tim KAI dan KAI Wisata juga
melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Athens,
Yunani.Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan penjajakan potensi pasar dan peluang
kerja sama dalam mempromosikan pariwisata berbasis kereta api Indonesia di tingkat
internasional.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Yunani menyampaikan apresiasi
dan memberikan beberapa saran strategis kepada KAI Wisata, antara lain:
- Agar KAI Wisata lebih aktif mengembangkan paket wisata terintegrasi dengan layanan
kereta cepat dan destinasi wisata budaya, - Serta mengombinasikan unsur kuliner otentik Nusantara untuk memperkuat
experience-based tourism yang menjadi daya tarik utama wisatawan Eropa.
Dubes juga mendorong KAI Wisata untuk meningkatkan pemasaran digital global guna
memperluas jangkauan promosi wisata berbasis transportasi berkelanjutan Indonesia. Pada
ajang Contact Center World Global – 2025 tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil
menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih 8 medali emas dari total 8 kategori yang
diikuti. Kompetisi ini diikuti oleh 30 perusahaan dari 14 negara, termasuk Indonesia, New
Zealand, Saudi Arabia, Afrika Selatan, Turkiye, USA, Jerman, UEA, Brazil, Yunani, Malaysia,
China, Kanada, dan Portugal, dengan total 96 kategori kompetisi meliputi Best Practices of
Contact Center, Customer Service Team, Social Media, Employee Engagement, dan CX Branch.
KAI berpartisipasi dengan 6 presenter terbaik, dan berhasil meraih penghargaan di seluruh
kategori yang diikuti, yaitu:
- Best Direct Response – Hanefi (Gold)
- Best Customer Loyalty – Romandani Adyan (Gold)
- Best Employee Engagement – Asbah Muniroh (Gold)
- Best Public Services Center – Asbah Muniroh (Gold)
- Best Use of Social Media – Sabarian Nugraha (Gold)
- Best Customer Service Team – Sabarian Nugraha & Roudlotul Fithriyah (Gold)
- Best CX Branch – Yosep Ali Akbar (Gold)
- Best Contact Center – Romandani Adyan (Gold)
Prestasi ini sekaligus memperkuat posisi KAI Group sebagai penyedia layanan customer
experience terbaik di tingkat global. Dalam keterangannya, Direktur Utama KAI Wisata Hendy
Helmy, mengatakan “rasa bangga dan apresiasi yang tinggi atas pencapaian luar biasa
tersebut”. KAI Wisata sangat bangga atas prestasi gemilang yang diraih KAI dalam ajang Contact
Center World 2025 ini. Sebagai bagian dari KAI Group, KAI Wisata turut berperan dalam
mendukung pengelolaan dan pengembangan sistem contact center yang menjadi garda
terdepan dalam menghadirkan pelayanan pelanggan yang profesional, responsif, dan
berstandar global.

Lebih lanjut, Hendy menambahkan “bahwa keikutsertaan dalam ajang internasional ini juga
memberikan nilai tambah strategis bagi KAI Wisata, momentum ini menjadi langkah penting
untuk memperluas jaringan global dan memperkenalkan potensi besar railway tourism
Indonesia di kancah internasional”. KAI Wisata berkomitmen untuk terus berinovasi dalam
mengemas produk-produk wisata berbasis kereta yang terintegrasi dengan budaya dan kuliner
lokal, sejalan dengan arahan Bapak Duta Besar RI di Athena.
Sebagai entitas pengelola contact center dan lini bisnis pendukung KAI Group, KAI Wisata
berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas layanan pelanggan, inovasi digital, serta
sinergi lintas unit bisnis. Upaya ini dilakukan untuk memastikan seluruh pelanggan memperoleh
pengalaman perjalanan yang nyaman, modern, dan berkesan. “Melalui sinergi dan semangat
pelayanan yang berkelanjutan, kami berharap ke depan KAI Wisata dapat terus berkontribusi
dalam mewujudkan visi KAI Group sebagai penyedia transportasi dan pariwisata berbasis kereta
api kelas dunia,” tutup Hendy Helmy. (FF)
Bagikan berita ini :








