November 29, 2021

Berita Online

Terkini mengabarkan

Aksi Pengurangan Resiko Desa Tangguh Bencana Medan Krio

2 min read

Medan Krio – Program Aksi Pengurangan Resiko Bencana ( PRB) Desa Tangguh Bencana ( Destana) Medan Krio dibuka dengan menanam 100 rumput Vetiver di Desa Medan Krio, 17 Oktober 2021. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Deli Serdang, Zainal Abidin Hutagalung secara simbolis menanam rumput Vetiver ditepi sungai bersama para relawan Desa Tangguh Bencana.

Program Aksi PRB Desatana Medan Krio yang akan berlangsung selama bulan Oktober – November 2021 yakni Tanam dan Budidaya rumput Vetiver, Gebrak Masker Cegah Covid 19, Edukasidan simulasi Bencana Banjir dan Listerasi bencana.

Destana Tahun 2021 ini merupakan program BPBD Provinsi Sumatera Utara dengan menugaskan Fasilitator Daerah ( Desa/Kelurahan) Tangguh Bencana BPBD Provsu yang tersebar di berbagai Kabupaten, salah satunya di Deli Serdang.

Dalam kesempatanya, Kepala Pelaksana BPBD Deli Serdang, Zainal Abidin Hutagalung bersama relawan meninjau langsung lokasi evakuasi dan fasilitas dapur umum yang telah disiapkan oleh Relawan Desa Tangguh Bencana Medan Krio .

Kepala BPBD Deli Sersang Zainal Abidin Hutagalung menjelaskan Program Desa Tangguh Bencana merupakan wadah dari masyarakat. ” Pembentukan Desa Tangguh Bencana bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam tanggap darurat kebencanaan”, jelasnya.

Zainal Abidi Hutagalung menekankan bahwa para relawan kebencanaan, langsung difasilitasi oleh Fasilitator Daerah BPBD Sumatera Utara. ” Kebencanaan adalah urusan bersama, tidak hanya pemerintah saja. Maka kita libatkan masyarakat dalam tugasnya sebagai relawan yang langaing dikomandoi oleh Fasilitator Daerah BPBD Sumatera Utara”, tegasnya.

Kegiatan Pengurangan Risiko Bencana tersebut yang diprakasai oleh Pemprovsu, Pemkab Deli Serdang, TNI – Polri, BPBD Sumut, BPBD Deli Serdang, Prorum Edukasi PB Indonesia, Gerakan Peduli Sungai, Peta Bencana juga dihadiri oleh Danramil 01/SGL, Kapten Inf Slamat Hidayat, Kepala BPBD Deli Serdang, Zainal Abidin Hutagalung, Fasilitator Daerah BPBD Provsu Masdin, Polsek Sunggal, Camat Sunggal, Eko Supriadi, Kepala Desa Deli Serdang, Suprayetno. ( Dodi Kurniawan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *