Berita Online

Terkini mengabarkan

Arhanud 11/WBY Gelar Penataran Kesehatan

1 min read

Binjai –

Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY, Letnan Kolonel (Arh) Rendra Febrandari Suparman, membuka Penataran Kesehatan di Aula Safrizal Mako Yonarh 11/WBY, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (29/4).

Kegiatan ini dilaksanakan guna mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas operasi Pamrahwan Maluku, yang akan dilaksanakan oleh Batalyon Arhanud 11/WBY di Tahun 2021-2022.

Adapun kegiatan Penataran Kesehatan ini diisi pemateri dari Tim Kesdam pimpinan Lettu Ckm Dr Effan, yang dibantu oleh Dokter dan Anggota Seksi Kesehatan Batalyon.

Adapun materi yang diajarkan antara lain :

  1. Cara pemeriksaan vital sign
  2. Tehnik membalut dan membidai
  3. Pemberian cairan intravena
  4. Pemberian suntikan intramuskular
  5. Pengangkutan orang luka
  6. Pertolongan pada luka tembak
  7. Pemeriksaan dan pengobatan malaria
  8. Pemberian bantuan hidup dasar.

Menurut Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY, Penataran kesehatan ini salah satunya bertujuan agar personel mengerti dan memahami cara menangani berbagai penyakit.

“Khususnya penyakit endemik di medan tugas serta mengetahui jenis dan macam obat yang akan diberikan kepada personel maupun masyarakat yang sedang sakit di sekitar Pos pengamanan,” ungkapnya.

Danyon Arhanud 11/WBY juga memberi arahan kepada Personel yang mengikuti Penataran Kesehatan agar serius, tekun dan sungguh sungguh dalam mengikuti pembekalan sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan pada saat melaksanakan Tugas Pamrahwan Maluku nantinya. (Dera)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *